SUPADEH: KULINER KHAS NAGARI SAWAH TANGAH

  • Jul 23, 2024
  • Hafiz Qadril

Penulis: Lusi Yolanda

Sawah Tangah - Di sebuah kenagarian yang berada di Sumatra Barat, tepatnya di Kabupaten Tanah Datar Kecamatan Pariangan, ada nagari yang Bernama sawah tangah. Nagari ini terletak di kaki gunung marapi yang masih aktif. Udaranya nan sejuk dan asri ditambah dengan bukit bukit yang terbentang menambah keindahan nagari ini. Nagari Sawah Tangah merupakan salah satu nagari terindah yang berada di kecamatan Pariangan.

Keindahan alam yang ada di nagari Sawah Tangah sangat banyak, mulai dari 7 bukit yang dapat kita nikmati setiap harinya, dan ada juga 7 sungai dan 7 batu. Selain keindahan alamnya yang beragam, nagari Sawah Tangah juga memiliki kuliner yang sangat khas. Mulai dari perkacangannya seperti kacang barandang dan juga ada supadeh.

Supadeh merupakan kuliner khas nagari Sawah Tangah. Kuliner ini dapat menjadi alternatif sarapan bagi warga local dan wisatawan yang berkunjung ke nagari sawah tangah. Bahan dasar dari supadeh ini adalah nasi dan dicampur dengan bumbu khasnya. Pertama nasi dimasak seperti masak nasi biasa kemudian di campur bumbu khasnya seperti daun kincuang, bumbu cabe, daun surian, daun kunyit, daun jeruk, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, serei, kelapa parut yang dijadikan satu menjadi sebuah bumbu yang khas dan nikmat.

Kuliner ini menjadi salah satu alternatif sarapan warga nagari Sawah Tangah. Supadeh ini sudah ada sejak zaman dulu, yang artinya sudah dilestarikan secara terun temurun. Supadeh ini sering kali menjadi oleh oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke nagari ini, sering kali yang dibawa itu adalah bumbu khasnya saja.