SAWAH TANGAH NAGARI YANG KAYA AKAN KACANG-KACANGANNYA

  • Jul 22, 2024
  • Hafiz Qadril

Penulis: Lusi Yolanda

 

Di kaki Gunung Marapi yang menjulang tinggi, terhampar Nagari Sawah Tengah, sebuah desa nan asri di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Nagari sawah tangah tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kekayaan kulinernya yang khas. Nagari ini kaya akan kacang-kacangan, teruatama kacang barandang yang merupakan salah satu kuliner atau cemilan yang banyak diproduksi masyarakat nagari sawah tangah.

Proses pengolahannya sangatlah simpel, pertama kacang dibeli ke petani kacang kemudian dirandang menggunakan pasir hitam yang panas. Kacang ini dikemas menggunakan plastik kemudian diperjual belikan kepada konsumen. Kacang ini tidak hanya diperjual belikan di nagari sawah tangah saja, tetapi ke berbagai daerah yang ada di Sumatra Barat. Kacang ini juga sudah dipasarkan di perusahaan terkenal di Sumatra Barat, seperti Christine Hakim.

Kacang barandang ini sudah ada sejak zaman dulu dan masih sangat terjaga kelestariannya sampai saat ini. Ini menjadi bukti bahwa produksi kacang barandang ini dilestarikan secara turun temurun. Kacang barandang menjadi salah satu cemilan yang dapat dinikmati kapan saja dan dimana saja. Kacang barandang menjadi bukti bahwa Nagari Sawah Tangah kaya akan kacang-kacangannya.