MENYELAMI KEINDAHAN ALAM KHAS NAGARI SAWAH TANGAH

  • Jul 06, 2024
  • Hafiz Qadril

Penulis: Lusi Yolanda

 

Sawah Tangah - Di sebuah kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, terdapat suatu nagari yang sangat indah yaitu nagari Sawah Tangah. Nagari ini, memiliki tanah yang subur dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Suasananya nan sejuk dan letaknya tepat di bawah gunung marapi, dan terdapat bukit-bukit yang membentang indah, yang bisa dinikmati dengan mata telanjang. Tidak hanya bukit-bukit yang membentang indah yang bisa kita nikmati, ada beberapa keindahan lainnya seperti 7 sungai, 7 batu dan juga 7 bukit yang membentang indah.

Keindahan alam yang ada di nagari Sawah Tangah ini sama sama berjumlah 7. Tujuh sungai yang ada di nagari ini memiliki nama masing-masing sungainya yaitu sungai lurah, sungai baruah, sungai tanjuang, sungai batu laweh, sungai bawah, sungai balakan dan sungai susek. Sungai ini digunakan oleh masyarakat sebagai tempat mandi ataupun mencuci pakaian. Namun saat ini beberapa sungai tidak bisa dijelajahi karena akses jalan yang tidak memungkinkan. Sedangkan keindahan alam 7 batu yang ada di nagari Sawah Tangah saat ini hanya beberapa yang bisa kita lihat, salah satunya yang berada di depan kantor Wali Nagari Sawah Tangah, atau di depan Masjid Ridha Sawah Tangah. Tujuh batu ini memiliki nama yaitu Batu baraguang, batu tapak gajah, batu singeak, batu biliak, batu peti, batu tuduang, dan batu laweh.

“7 batu yang ada di nagari Sawah Tangah sekarang ga bisa kita lihat lagi, karna akses jalannya tidak memungkinkan lagi untuk kita kesana, dan mungkin hanya beberapa yang bisa kita lihat salah satunya batu yang ada di depan kantor Wali Nagari” Ungkap salah satu pemuda di nagari Sawah Tangah pada saat hiking bersama mahasiswa KKN UNP.

Selain keindahan alamnya yang sangat memukau tersebut, nagari ini juga memiliki kuliner yang tidak kalah enaknya, yaitu Nasi Padeh dan juga Kacang Goreng Barandang. Nasi padeh sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat untuk sarapan pagi. Jika ingin mencoba Nasi padeh, kalian harus membelinya pagi hari karena kalau sudah siang, terkadang nasi padeh ini sudah habis terjual. Nasi padeh ini adalah campuran antara nasi biasa dan bumbunya serundeng kelapa yang pedas, itulah yang menambah kenikmatan dari Nasi Padeh ini.

Selain nasi padeh, kacang goreng barandang juga merupakan kuliner yang banyak kita temukan di nagari sawah tangah ini. Di nagari Sawah Tangah ini sangat kaya akan kacang-kacangannya, bahkan di depan kantor wali nagari terdapat simbol kacang yang menandakan bahwa nagarinya kaya akan kacangnya dan juga masyarakat disini banyak yang memproduksi kacang goreng barandang tersebut.

Disamping keindahan alam dan kulinernya, nagari Sawah Tangah ini juga pernah menjadi tuan rumah dalam acara kenagarian yaitu pacu jawi yang diadakan secara bergantian di setiap nagari di kecamatan Pariangan ini. Selain itu, masyarakat di nagari Sawah Tangah ini sangat ramah dan saling tolong menolong dalam setiap kegiatan yang ada di nagari Sawah Tangah ini.